SEKOLAH ISLAM DAN GENDER Se-TAPAL KUDA

Korps PMII Puteri (KOPRI) merupakan bagian dari organisasi kepemudaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang termaktub di dalamnya sebagai sarana pergerakan kader putri. Sejak awalmula berdirinya KOPRI pada 25 November 1967 di Semarang, berbagai fase perubahan telah dialami karena terjadinya dialektika wacana serta pemikiran tentang Gender dan Feminisme dalam tubuh KOPRI. Dalam prosesnya, munculah gagasan, baik terkait Gender maupun Feminisme sebagai sebuah pengetahuan maupun dalam pengambilan kebijakan. Organisasi PMII khusunya KOPRI merupakan ruang pergerakan kader puteri yang di dalamnya menjawab permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kader putri PMII khususnya dan perempuan secara luas pada umumnya.

KOPRI sebagaiwadah pergerakan perempuan harus mampu menghadirkan gagasan alternatif yang memberikan pengaruh dan bersinergi dengan kepentingan masyarakat khususnya kaum perempuan. Pengkaderan yang dilakukanoleh KOPRI haruslah sesuai dengan pengkaderan yang sudahdilakukan di PMII yakni sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip- prinsip umum. Prinsip umum dalam pengkaderan PMII berkaitan dengan ilmu-ilmu social diluar nilai-nilai ke-PMII-an dalam keislaman khususnya yang bermuatan prinsip dasar PMII yakni NDP sebagai nilai pergerakan dan ASWAJA sebagai nilai-nilai dalam bergerak. Prinsipd asar PMII harus menjadi wujud gerakan dalam pengembangan potensi kader khususnya kaderputri.

 SIG merupakan salah satu kaderisasi formal yang harus ditempuh oleh kader-kader PMII, khusunya bagi kopri. Yang mana hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi, sehingga adil gender akan mulai tertanam sejak dalam fikiran. Sehingga kedepannya tidak akan lagi ada ketimpangan-ketimpangan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan.

Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (KOPRI) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Komisariat IAIN Jember, akan mengadakan Sekolah Islam Gender (SIG) dengan mengangkat tema “Sinergisita Perempuan Dalam Membangun Ekonomi Kreatif”, diharapan agenda ini mampu melahirkan kader-kader PMII putra khususnya putri mampu kereatif dibidang prekonomian.

Lebih lengkapnya terkait agenda SIG bisa di :

KLIK DISINI !!!

Term Of Reference (TOR)

KLIK DISINI !!!

Denah Rute Perjalanan

Publiser : Afifah02

%d blogger menyukai ini: