Peduli Banjir Bandang Ijen, R-FTIK Salurkan Bantuan

Bondowoso, Metra PostPMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (R-FTIK) Komisariat IAIN Jember salurkan hasil penggalangan dana. Penyaluran dana tersebut guna membantu masyarakat korban banjir bandang Ijen Kabupaten Bondowoso pada 13.00 WIB tadi.

           Banjir yang terjadi pada tanggal 30 Januari 2020 lalu menuai banyak perhatian masyarakat. Salah satunya kader maupun anggota PMII R-FTIK komisariat IAIN Jember. “ Bukan hanya hablum minannas, aksi ini juga merupakan implementasi dari nilai-nilai pergerakan kita,” pungkas Muhammad Abu Sofyan, pengurus bidang advokasi dan gerakan tersebut.

           Dana yang diperoleh ini merupakan hasil galang dana yang dilakukan oleh semua elemen Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan pada tanggal 1-3 Januari 2020 lalu.  Lokasi yang dipilih merupakan daerah stategis yakni Perempatan Lampu Merah Mangli.  Dana yang terkumpul dari aksi galang dana tersebut sejumlah Rp.3.959.900.

           “Bantuan yang kami harapkan yakni berupa material bangunan, karena banyak material rumah kita yang hanyut terbawa arus,”  jelas Pak Yunus, Tokoh Masyarakat Desa Kampungbaru.

Menurutnya, desa yang paling parah mengalami dampak banjir tersebut yakni di Desa Kampung Baru, Kecamatan kalisat Bondowoso Banjir yang digenangi oleh lumpur tersebut menimbulkan kerusakan parah pada 37 rumah warga setempat.  

            Air bercampur lumpur tersebut diduga berasal dari lereng Gunung Raung dan Gunung Suket. Selama proses evakuasi dan pembersihan daerah setempat, banyak warga yang menginap di rumah saudara mereka pada malam harinya. Hal tersebut dikarenakan masih ada kekhawatiran akan timbulnya banjir susulan dan kondisi rumah yang kotor. Harapan dari Bapak Yunus dan warga setempat yakni semoga tidak terjadi banjir lagi dan bisa kembali berkerja.

“Semoga bantuan ini dapat sedikit membantu memenuhi kebutuhan warga setempat,” ujar Kholisatul Hasanah Ketua Umum PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

 

Warta  : Friska

Editor  : Afifah

Kredit Foto/ Tim Metra Post

HARU: Dokumentasi bersama Tokoh Masyarakat Setempat



%d blogger menyukai ini: