CARILAH ILMU TANPA MENGENAL RUANG DAN WAKTU !

 

Oleh : M. Suhil[1]

Ilmu adalah seluruh usaha dasar untuk menyelidiki,  menemukan,  dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu manusia,  karena itu adalah perintah Allah Swt., Sang Penguasa Alam. Rasulullah Saw juga menegaskan akan wajibnya mencari ilmu pengetahuan bagi umat manusia dengan sabda nya yang berbunyi : Thalabul ‘ilmi Faridhatun ‘Ala Kulli Muslimin Wa Muslimatin.

Sejak lahir ke dunia fana ini,  kita mempunyai kewajiban – kewajiban yang diperintahkan oleh Allah Swt.,  salah satunya adalah menimba ilmu pengetahuan.  Disamping menjadi  kewajiban,  ilmu adalah salah satu pokok penting dalam ranah kehidupan masyarakat, karena manusia membutuhkan berbagai ilmu dalam kehidupan ini. Salah satu contohnya : Manusia harus memahami ilmu yang membahas tentang  keagamaan ,  seperti halnya mengetahui akan kewajiban ataupun larangan sebagai umat beragama, serta mempelajari ilmu yang membahas tentang hubungan seorang makhluk dengan Pencipta Nya yang biasa disebut ibadah Shalat oleh umat Islam. Semua itu disebut dengan ilmu agama.  Sehingga amal perbuatan yang kita lakukan diterima oleh-Nya. Plato,  salah  satu filsuf Yunani mengatakan : Manusia  pada hakikatnya adalah makhluk sosial atau makhluk yang hidup di dalam negera.  Negaranya mempunyai tugas untuk menjadikan warganya menjadi baik. Sebaliknya,  warganya juga mempunyai tugas untuk membuat negaranya baik. Jadi,  manusia yang  berdomisili dalam suatu negara dan menjadi warga negara tersebut mempunyai tanggung jawab bagaimana mereka menjadikan negaranya menjadi negara yang baik.  Sehingga seluruh elemen-elemen masyarakat yang Ada didalam nya bisa hidup dengan sejahtera. Jadi,  manusia juga membutuhkan ilmu politik dan mengaplikasikan nya ke jalan yang benar untuk membawa negaranya lebih baik.

Mencari ilmu pengetahuan itu tidak terukur oleh hal apapun,  baik itu umur ataupun tempat.  Meskipun kita sudah lanjut usia bukan berarti kewajiban mencari ilmu itu terlepas dalam diri manusia,  kita tetap wajib mencari ilmu Allah Swt. yang diturunkan didunia ini yang tidak seberapa dibandingkan dengan ilmuNya. Ada yang mengatakan ilmu Allah yang diturunkan ke dunia  hanyalah setetes dari air laut,  sedangkan sisanya adalah ilmu Allah yang tidak diturunkan didunia ini. Tapi,  jika manusia bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu yang hanya setetes ini dan mengamalkan semua ilmu yang telah diperoleh,  dengan izin Allah, mereka akan mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan Fiddunya Ila Yaumil Qiyamah.

Manusia bisa mendapatkan ilmu kapanpun dan dimanapun mereka berada.  Lalu bagaimana dengan sistem pendidikan di sebuah sekolah,  seperti halnya di negara Indonesia…?,  apakah hanya di sekolah sajalah masyarakat Indonesia bisa menimba ilmu…?,  jawabannya tidak.  Mengapa…?,  karena sekolah ataupun kampus itu hanyalah formalitas bagi para pelajar yang menimba ilmu pengetahuan. Mereka bisa memperoleh ilmu meskipun diluar sekolah ataupun kampus. Karena orang yang menimba ilmu itu tidak terbatasi oleh ruang dan waktu. Jika seorang siswa ataupun Mahasiswa hanya mengandalkan kampus semata untuk mencari ilmu pengetahuan, maka sulit bagi mereka untuk mengembangkan wawasannya. Apalagi mayoritas sistem pengajaran di perguruan tinggi itu,  seorang dosen menyuruh mahasiswa agar berdiskusi dengan tema yang telah ditentukan oleh dosen. Sedangkan mahasiswa kemungkinan tidak fokus akan materi yang disampaikan oleh penyaji di dalam kelas. Lebih mirisnya lagi Mahasiswa pergi ke kelas hanya untuk mengisi absensi dan hanya duduk manis di bangku kuliah tanpa ikut berpartisipasi dan tidak menyumbangkan argumen – argumennya ketika forum diskusi berlangsung. Setelah jam perkuliahan berakhir,  mereka langsung pulang tanpa menambah wawasannya dengan berdiskusi meskipun diluar kampus.  Apakah mahasiswa seperti itulah yang disebut dengan mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang,  kuliah pulang).  Mereka tidak pernah mempunyai pemikiran apa yang telah mereka peroleh selama berproses di kampus.

Sebagai seorang pelajar,  jangan pernah membatasi ruang dan waktu dalam mencari ilmu pengetahuan. Kapanpun dan dimanapun kita berada,  galilah ilmu sedalam-dalamnya. Rasulullah Saw. bersabda : Uthlubul ‘Ilma Walau Bissin (Carilah ilmu meskipun di negeri Cina).  Mencari ilmu adalah kewajiban bagi manusia dari sejak lahir sampai ajal menjemputnya.

 

[1] M. Suhil Merupakan Salah satu Anggota PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp MAHABBAH (2016) Jurusan Tadris Bahasa Inggris

Satu tanggapan untuk “CARILAH ILMU TANPA MENGENAL RUANG DAN WAKTU !

  • November 7, 2017 pada 11:47 pm
    Permalink

    396920 866666Wow, incredible blog structure! How lengthy have you ever been blogging for? you made running a blog look easy. The full look of your internet site is amazing, nicely the content material! 958370

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: