MAHASISWA BARU, MENGENALKU SEBAGAI ANGGOTA ORGANISASI PMII

Oleh : Mahmud Zain[1]

Mahasiswa baru kini sudah mulai berdatangan di berbagai kampus untuk melanjutkan pendidikannya yang mereka cita citakan, tak banyak dari mereka bisa menempuh pendidikan hingga di perguruan tinggi karena begitu sulit dan rumit cobaan dan ujian yang mereka hadapi untuk bisa lolos seleksi di kampus pilihannya. Setelah mereka dinyatakan diterima dan registrasi ulang senangya tidak bisa kebayang, dan mereka berpikir pikir bagaimana dan apa yang harus dilakukan di bangku kuliah ? matakuliahnya apa saja? Bagaimana cara membuat makalah ? bagaimana cara untuk mendapatkan nilai yang bagus ? temukan jawabannya di organisasi, karena 90% organisasi membantu mahasiswa baru untuk menjawab kegelisahan dan kebigungan yang selama ini menjadi unek unek dalam pikiran adik adik sekalian. Organisasi di kampus cukup beragam, diantaranya Organisasi Intra kampus (BEM) Badan Eksekutif Mahasiswa, (HMJ) himpunan Mahasiwa Jurusan, (HMPS) Himpunan Mahasiswa Program Studi, dan lain sebagainnya. Tetapi mahasiswa diberbagai kampus, mereka lebih suka bergabung di Organisasi Ekstra kampus karena orang orangnya pintar- pintar, cerdas di dalam kelas, dan pandai dalam berbicara dengan begitu fasih disertai dengan argumentasi refrensi yang mereka baca dari beberapa buku.

Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan organisasi Ekstra kemahasiswaan yang nota benenya organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, yang terdapat diseluruh perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri/swasta umum maupun islam. Orientasi organisasi ini adalah “Terbentuknya pribadi Muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.” Sebagaimana termaktub dalam AD/ART pada bab IV dan pasal IV tentang tujuan dan usaha.

Organisasi Pergerakan mahasiswa islam Indonesia terbilang organisasi yang sudah cukup tua umurnya, kini usia pmii sudah melebihi setengah abad. Banyak kontribusi dan perjuangan yang telah ditorehkan dalam masyarkat seperti pengawalan terhadap masyarakat tentang penolakan pertambangan, kenaikan BBM, hingga mengawal kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap masyarakat kecil atau kita kenal dengan kaum Mustad’afien. Organisasi pmii cukup dipertimbangan dalam pergerakannya oleh pemerintah, masyarakat, akademisi, politisi, dan Organisasi besar kemasyarakatan seperti NU (Nahdhatul Ulama) karena masih konsisten dan komitmen dalam mempertahankan nalar idealismenya.  Biru kuning adalah simbol benderanya yang selalu berkibar disetiap pmii mengadakan acara baik di kampus, balai desa, kantor PCNU dan Pesantren. Acaranyapun sangat menarik untuk diikuti oleh anggota dan kader karena menu yang disajikan cukup menggiurkan dan menjadi ketagihan tak ubahnya seperti makanan yang begitu lezat dan nikmat konten materinya pun cukup beragam mulai dari materi Kepmiian, aswaja, kepemimpinan, keorganisasian, hingga materi yang cukup menantang bagi mereka yang suka diskusi yaitu Marxisme, manajemen konflik, analisis sosial, analisis wacana dan Geopolitik internasional, tak heran jika para alumni dan senior yang sudah berproses diorganisasi ini menjadi orang orang hebat  dan menjadi idola para aktivis seperti Khofifah indar parawansa, karena didikan mereka diorganisasi pmii cukup membuat pikiran dan tenaga terkuras.

[1] Mahmud Zain Merupakan Salah satu Kader PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp PERISAI (2013) Jurusan PAI . Sahabat Mahmud Zain menjadi Pengurus Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 2016-2017) sebagai Ketua 1 Bidang Kaderisasi PMII rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, selain itu juga pernah bergabung di Organisasi Intra Kampus HMPS PAI, dan pernah mendapatkan Juara III lomba Debat dan Karya tulis dalam perebutan Piala Rektor se-Jawa.

313 tanggapan untuk “MAHASISWA BARU, MENGENALKU SEBAGAI ANGGOTA ORGANISASI PMII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: