MENELANJANGI HURUF

 

Oleh : Muhammad Nurul Hidayat (aLunk)[1]

“Kebesaran seseorang yang terpandang sebab satu hal yaitu menulis”

Seseorang tidak mungkin bisa membaca tanpa ia belajar bentuk dan bunyi suatu huruf. Begitupun dengan menulis, seseorang tidak akan bisa menulis sesuatu yang berbentuk apapun itu kecuali ia belajar terlebih dahulu dan asupan gizi dari seorang penulis ialah membaca. Bahkan anjuran alquran pada ayat yang pertama kali turun ialah mengenai membaca.

Banyak sekali tokoh-tokoh yang sudah dikenal oleh masyarakat dikarenakan adanya tulisan yang mereka karang. Al ghazali terkenal karena ia menulis kitab yang salah satu diantara sekian banyak karyanya adalah ihya’ ulumuddin. Seorang tokoh sejarawan yang terkenal dengan karya tetralogi buruhnya, pramoedya ananta toer juga terkenal disebabkan karangan tulisannya.

Mengapa harus menulis? Karena menurut seorang aktivis yang bernama wiji tukul, jasadku boleh mati, tapi suaraku akan menjadi saksi. Bagaimana mungkin suara dari seseorang akan bisa di jadikan sebagai saksi sejarah melainkan dengan adanya suatu tulisan yang menggambarkan adanya kejadian masa lalu. Menurut pramudya juga demikian, apabila kalian ingin mengenal dunia, maka membacalah sebab membaca itu jendela dunia dan apabila kalian ingin dikenal dunia, maka menulislah karena tulisan itulah yang akan dibaca.

Hidup ini sederhana, hanya dikarenakan rencana hidup seseorang menjadi rumit. Namun kerumitan itu akan kembali dijalani dengan mudah tatkala kita sendiri bisa menyederhanakan adanya rencana yang kita susun sendiri.

Menulis itu mudah, namun keinginan menjalani proses menulis itu yang sulit. Jangan sesekali ingin mendapatkan manisnya madu jika kita dari jauh sudah lari melihat lebah yang berbulu.

[1] Mohammad Nurul Hidayat /Alung Merupakan Salah satu Anggota PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp MAHABBAH (2016) Jurusan PAI. Sahabat Alunk saat ini berproses di Intelektual Muda dan salah satu anggota Metra Post 2017.

2 tanggapan untuk “MENELANJANGI HURUF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: