PEMUDA

Oleh : M. Suhil[1]

” Berikan aku sepuluh Pemud maka akan ku guncangkan dunia”.  Itulah  perkataan presiden pertama Indonesia , Soekarno Hatta. Dari pernyataan ini,  Pemuda bangsa Indonesia harus menyadari bahwa betapa pentingnya mereka bagi bangsa ini. Pemuda adalah generasi penerus pemuda dulu untuk membawa bangsa ini berkembang. Taufik  Abdullah  (1974) Menyatakan : Pemuda adalah generasi baru dalam sebuah komunitas masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Pemuda juga dikenal dengan People make story ( Seseorang yang membuat sejarah). Banyak catatan sejarah yang telah ditorehkan oleh pemuda dulu untuk bangsa Indonesia. Karena intelektual dan perjuangan mereka, bangsa ini bisa terselamatkan dari penjajahan yang sangat keji dari negara Jepang dan Belanda. Mereka tidak ingin negara ini tertindas oleh negara lain,  karena rasa nasionalisme yang sudah tertanam dalam jiwa mereka, sehingga pada tahun 1945  masyarakat Indonesia bisa merasakan sebuah kemerdekaan.

Bagaimana dengan para pemuda bangsa Indonesia di zaman modern ini ,  apakah mereka sudah menorehkan catatan sejarah untuk tanah kelahiran mereka, Indonesia. Pada  kenyataannya,  Pemuda sekarang hanya menjelekkan bangsa ini di mata masyarakat dan negara lain dengan perbuatan mereka sendiri yang tidak sesuai dengan undang – undang yang ada,  UUD 1945. Seperti halnya, banyak para pemuda sekarang hanya mementingkan kesenangan semata dan tidak berpikir secara matang apa yang sedang mereka lakukan ,  mereka berfoya-foya dengan mengkonsumsi narkoba tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada diri mereka  sebagai harapan bangsa kedepannya. Apakah mereka telah lupa akan perjuangan pemuda zaman dahulu yang telah berjerih payah dan bertumpah darah sekalipun nyawa taruhannya mereka tetap berjuang hanya untuk kemerdekaan bangsa ini dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apa yang akan  terjadi pada bangsa ini kalau pemudanya tidak memikirkan masa depan bangsa dan tidak mempunyai rasa nasionalisme dalam jiwanya.

Wahai para pemuda yang diharapkan bangsa,  sadarilah bahwasanya masa depan bangsa ini adalah tanggung jawab kita. Apa yang akan kita lakukan demi kemajuan bangsa ini,  apakah kita hanya akan diam saja meratapi masalah – masalah yang sedang terjadi di bangsa kita. Korupsi yang sudah meraja lela dan kemerosotan moral yang menimpa   putra-putri bangsa. Kita sebagai Pemuda harus bergerak untuk menyelesaikan masalah ini demi kemajuan negara tercinta ini ,  INDONESIA.

02:58 WIB

Kamis,  28, 07, 2017

 

[1] M. Suhil Merupakan Salah satu Anggota PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp MAHABBAH (2016) Jurusan Tadris Bahasa Inggris

72 tanggapan untuk “PEMUDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: