The Power Of Language ( Kekuatan Bahasa )

Oleh: Mastuki.,Sp.d*

                Manusia adalah mahluk Tuhan yang paling unik di alam semesta. Salah satu keunikan manusia adalah ia memiliki bahasa sebagai alat komunikasi. Seiring berjalannya waktu bahasa manusia tumbuh tak terhitung jumlahnya di seantaro penjuru bumi. Bayangkan saja disetiap tempat dimana manusia berpijak pasti ada bahasa, entah bahasa lokal maupun nasional. Semisal saja Di Indonesia hampir setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda-beda bahkan satu jenis bahasa masih memiliki kelas kosakata tersendiri Seperti bahasa madura.

Sebagai salah satu bahasa lokal di Indonesia. Bahasa tersebut memiliki kelas-kelas kata yang dibagi lagi, yakni ada madura halus dan kasar. Penggunaannyapun berbeda sesuai dengan siapa kita berbicara. Belum lagi bahasa-bahasa lain di seluruh penjuru tanah air yang menurut data Nasional ada sekitar 1000-an. Lalu jika Indonesia memiliki bahasa sekian banyak tersebut. Berapa jumlah bahasa di dunia ini ??. bagaimana terbentuknya bahasa ? berapa tahun aturan setiap bahasa dibuat ?.

Sungguh luar biasa keagungan Tuhan menciptakan manusia. Berawal dari penciptaan yang satu yakni Adam tumbuh menjadi berbagai macam manusia yang memiliki alat komunikasi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Saya yakin kelahiran satu bahasa manusia saja pasti membutuhkan ribuan tahun terbentuknya hingga sedemikian sistematis.

Bahasa inggris semisalnya. Yang saat ini menjadi bahasa terdepan di dunia internasional. Mengapa harus bahasa inggris yang menjadi rujukan ? Salah satu faktor mengapa bahasa inggris, karena pada abad 18-an. Negara inggris menyebarkan bahasanya melalui tanah jajahannya. Dan dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Inggris adalah negara yang memiliki bangsa jajahan terbanyak di dunia. Jadi maklum saja jika sampai saat ini bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang diutamakan dibandingkan dengan bahasa lainnya. Melalui mulut-mulut seperti Raflfles, Daendles dan komandan kolonial inggris di dunia. Mereka mampu menganaktirikan bahasa-bahasa jajahan. Dan Bahasa merekapun tampil di panggung dunia sebagai “nomer wahid” sampai saat ini.

Sebagai bahasa internasional yang memiliki pemakai terbanyak didunia. Mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris. Sebab dengan bahasanyalah kita nanti dapat menyerap pengetahuan-pengetahuan Eropa itu yang lebih dulu “Mutakhir” dibandingkan bangsa kita. Sebab dengan bahasanyalah kita akan tau polos dan liciknya suatu kaum Eropa. Sebab dengan bahasalah karya kita dikenal dunia Dan dengan menguasai bahasanyalah kita akan mampu mengejar ketertinggalan pengetahuan kita. Seperti halnya yang dilakukan oleh mereka dulu (orientalis) belajar bahasa Arab dan menyalin kekayaan ilmu Islam ke dalam teks-teks barat sehingga mereka sampai ke gerbang Renaisance dan memegang kendali dunia modern sampai saat ini.

Cobak saudara bayangkan bagaimana jadinya jika kita tidak menguasai bahasanya ??.  padahal setiap waktu perubahan pengetahuan kian detik kian bertambah (dinamis). Pengetahuan itu tidak mandek seperti air didalam sumur. Ia terus digali dan digali hingga saripatinya mempermudah urusan kemanusiaan. Ketika Eropa sudah melahirkan ribuan karya tanpa bahasanya yang tidak kita ketahui, tak bisa kita mengetahui sari pati itu. Jadilah kita bangsa yang gagap terhadap jaman. Bangsa dari sederet peringkat akhir. Itulah pentingnya bahasa sebagai salah satu jalan guna mengejar ketertinggalan peradaban bangsa.

 

  • Beliau Adala Mantan Ketua Umum Rayon Fakultas Tarbiya dan Ilmu Keguruan 2015-2016

429 tanggapan untuk “The Power Of Language ( Kekuatan Bahasa )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: