MAPABA Ke-53, R-FTIK Usung Tema Budaya Literasi

Jember, Metra Post- PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Komisariat IAIN Jember menggelar kegiatan MAPABA ( Masa Penerimaan Anggota Baru ) pada tanggal 21-25 Januari 2021 bertempat di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghozali Wuluhan, Jember. Tema yang diangkat yaitu “Revitalisasi Budaya Literasi dalam Berorganisasi di Era Teknologi” yang nantinya mampu mementingkan kembali dunia literasi yang mulai terdegradasi.

“Melihat keadaan pasca-MAPABA, saya sangat bersyukur sekali karena MAPABA kali ini dapat terselenggerakan dengan lancar sebab barokah PMII juga semangat para panitia sehingga agenda ini dapat terlaksana dengan baik” Jelas Mandataris Ketua Rayon FTIK IAIN Jember Khoirul Yahya Multazam.

“Saya yakin bahwa organisasi PMII merupakan organisasi besar, organisasi yang dibangun oleh para ulama’, jadi masalah sebesar apapun dapat kita tangani bersama” lanjut ketua panitia Mapaba RFTIK IAIN Jember, sahabat Nurul Hidayat.

“Harapannya agar terdapat keharmonisan antar kader yang telah melakukan proses bersama dalam mendapatkan suatu edukasi, baik moral ataupun mental” lanjutnya.

Begitupun harapan dari sahabat Fayyad, selaku Ketua Bidang Kaderisasi Rayon FTIK IAIN Jember “Agar peserta mapaba bisa mengaktualisasikan nilai dasar pergerakan, nilai nasionalis dan nilai agamis yg sudah di pelajari selama mapaba sehingga peserta mapaba tersebut pantang mundur dan pantang meninggalkan PMII dalam keadaan apapun.”

Agenda MAPABA ini dapat memberikan dampak yang baik untuk peserta karena dapat melatih jiwa dan raga agar berani berbicara didepan umum, dan mampu menjadi penerus estafet kader-kader selanjutnya.

“Dari mapaba ini, saya belajar banyak hal salah satunya keberanian dan kebersamaan. Awalnya saya adalah seorang yang sangat pemalu dan penakut berbicara didepan orang lain sehingga alhamdulillah ketika saya mengikuti mapaba dan menjadi bagian dari PMII mampu merubah mindset saya agar lebih berani dan produktif disetiap harinya.” Ucap salah satu peserta mapaba rayon FTIK Komisariat IAIN Jember, Milatul Hanifah.

Oleh kerena itu, di era pandemi itu tidak menutup kemungkinan kader-kader PMII tetap menjaga keharmonisan, produktivitas dan meneruskan perjuangan-perjuangan leluhur PMII. Semoga harapan-harapan besar baik kader, pengurus, bahkan alumni sekalipun dapat terkabulkan dengan rencana terbaik versi Tuhan.

Warta : Alda Syafira
Editor : Durrotun Nafisah
Publisher : Gita Welastiningtias
Kredit foto : istimewa
Inspiratif : Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) 2020/2021 Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK ) Komisariat IAIN Jember (25/01/2021).

%d blogger menyukai ini: