MENULIS UNTUK SEBUAH PERUBAHAN

 

                     Oleh: M.  Suhil[1]

         “Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Pernyataan itu adalah ungkapan salah satu tokoh sastrawan terbesar di Indonesia.

Sejak zaman dahulu,  banyak tokoh yang menemukan ilmuan-ilmuan yang tentunya sangat berguna bagi perkembangan zaman.  Salah satunya adalah ilmu filsafat yang merupakan salah satu pandangan hidup manusia.  Ilmu filsafat pertama kali muncul pada zaman Yunani kuno,  yaitu pada zaman phytagoras. Kalau kita lihat dari segi waktu,  ilmu ini telah lahir beberapa ratus tahun yang lalu. Meskipun umur ilmu filsafat tidak muda lagi,  tapi masih tetap menjadi salah satu materi pokok bagi para Mahasiswa disetiap perguruan tinggi. Mengapa demikian, karena teori – teori ilmu filsafat telah diabadikan oleh para penulis dengan sebuah tulisan.  Karena tulisan, sebuah ilmu pengetahuan tidak mudah ditelan oleh zaman,  melainkan  akan menjadi keabadian yang bisa mencerahkan perkembangan zaman.

Menulis bukanlah suatu perbuatan yang mudah dilakukan oleh setiap individu seseorang .  Menulis adalah permainan olah kata pikiran dalam menuangkan pendapat yang ingin kita sampaikan sehingga menjadi sebuah ilmu pengetahuan.  Ketekunan adalah salah satu kunci kesuksesan bagi seorang penulis untuk menciptakan karya yang tidak akan dipandang sebelah mata oleh orang lain.  Di samping itu,  membaca termasuk cara bagaimana seorang penulis mempunyai pemikiran yang sistematis,  logis, sehingga mudah menuangkan pikirannya dalam sebuah tulisan

Ada sebuah pernyataan,  Tulisan adalah tali ilmu pengetahuan. Dengan sebuah tulisan,  seorang penulis dapat membawa perubahan zaman bagi suatu bangsa .   Mereka bisa menuangkan ilmu pengetahuannya dengan sebuah tulisan. Sehingga semua anak bangsa bisa menemukan ilmu pengetahuan dalam sebuah tulisan.  Oleh karena itu, mereka bisa menciptakan suatu perubahan dalam bangsa karena ilmu pengetahuannya yang bersumber dari sebuah tulisan.

 

[1] M. Suhil Merupakan Salah satu Anggota PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp MAHABBAH (2016) Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Sahabat M Zuhil saat ini berproses di Intelektual Muda dan merupakan salah satu Metra Post 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: