PMII Rayon FTIK gelar Aksi Peduli Bencana Banjir

Jember, Metra Post- PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember menggelar “Aksi peduli bencana banjir” pada 31 Januari 2021 untuk meringankan beban para korban yang tertimpa musibah banjir.

Banjir yang terjadi di Jember tersebut pada 29 Januari 2021 dibeberapa titik diantaranya : Jelbuk, Kalisat, Pakusari, Patrang, Sumbersari, dan Kepatihan Kaliwates membuat banyak bangunan rumah warga hancur dan terendam air.

” Salah satu tujuan aksi peduli bencana banjir ini tidak lain hanya untuk mengaplikasikan Hablum minannas sebagai Nilai Dasar Pergerakan di PMII. Sejatinya, PMII mengajarkan bagaimana berhubungan dengan baik antar manusia. Untuk itu, jika ada yang mengalami kesusahan maka kita juga akan merasakannya. Oleh sebab itu, PMII hadir sebagai penyalur tangan antar manusia. Setidaknya kita dapat membantu dengan kemampuan kita, entah doa, tenaga, hingga finansial yang nantinya dapat membantu para korban banjir diberbagai wilayah” Ujar Khoirul Yahya Multazam, Ketua Rayon (FTIK) Komisariat IAIN Jember.

Begitupun pendapat dari Ketua Bidang Advokasi dan Gerakan PMII Rayon FTIK IAIN Jember, Ahmad Hamdan Dini Hidayatullah yang menyampaikan bahwa adanya aksi peduli banjir adalah sebagai salah satu upaya untuk membantu korban-korban bencana banjir. Karena duka mereka adalah duka kita bersama.

“Dari hasil musyawarah sementara, beberapa saluran yang diberikan hanya berupa uang. Total nominal yang didapatkan sejumlah Rp.2.302.200 mulai pukul 9.30-11.30 WIB. Aksi yang dilakukan belum usai, Insyaallah nanti sore atau malam kami akan terjun kembali. Setelah aksi usai, kita akan menyalurkan hasil dari galang tersebut pada beberapa korban di beberapa titik” Sambungnya.

Aksi peduli bencana yang dilakukan anggota dan kader dapat memberikan kesan yang positif untuk pribadi masing-masing orang salah satunya terhadap kader yang baru saja melaksanakan mapaba seminggu yang lalu.

“Alhamdulillah, meskipun tengah berada dibawah terik matahari, kami tetap semangat dan kompak untuk membantu sesama. Ini adalah pengalaman pertama saya daalam turun aksi peduli bencana ini, cukup menyenangkan dan penuh semangat karena saya sadar bahwa saya sudah menjadi bagian dari PMII yang mengabdi kepada masyarakat dan saya paham posisi saya sebagai makhluk Tuhan yang sosial sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk saling bahu membahu” Ucap Ummu Ahyah angkatan 2020 sebagai salah satu kader PMII yang mengikuti Aksi peduli bencana banjir, siang tadi.

Warta : Alda Syafira
Editor : Durrotun Nafisah
Publisher : Gita Welastiningtias
Kredit foto : Istimewa
Inspiratif : Aksi peduli bencana banjir oleh PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Komisariat IAIN Jember (31/01/2021).

%d blogger menyukai ini: