POTRET PENDIDIKAN MASYARAKAT PINGGIRAN

Oleh : M Husain*

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik dan membentuk kepribadian yang baik. Pendidikan merupakan kebutuhan primer dalam segi pengasahakan intelektual peserta didik dan untuk mencerdaskan individu mapun kelompok agar pantang mundur tidak mudah menyerah dan putus asa. Dalam lingkungan pendidikan banyak sekali yang keterkaitan baik dari birokrasi pemerintah sampai kaum ploretar (masyarakat menengah kebawah), dari keseluruhan yang keterkaitan jika saling menyongkong maka tidak menutup kemingkinan  akan terciptanya pendidikan yang berkualitas dan prioritas bagi masyarakat, terjamin dari biaya (terjangkau/gratis), sarana prasarana yang terpenuhi, pendidik yang berkualitas dan profesional, sistem yang disiplin, serta suasana pembelajaran yang baik dan tidak membosankan. Namun bagaimana dengan pendidikan yang ada di Indonesia ? apakah sudah seperti yang di harapkan ? sudahkah semua terpenuhi ? atau bagaimana dengan kualitasnya ?

Banyak sekali  pertanyaan yang timbul dari setiap penduduk masyarakat jika di benturkan dengan pendidikan yang ada di sekitarnya, tanggapan baik maupun miring terhadap pemerintah ataupun birokrasi sekolah tertentu. analisa penulis melalui  kacamata pendidikan formal pendidikan mulai terpeta petakan yang terbagi menjadi dua : pendidikan kaum elitis (kaya) dan pendidikan Masyarakat ploretar (menengah kebawah). Pertama, pendidikan kaum elitis (kaya) merupakan sebuah istana yang mewah untuk memberikan kenyamanan bagi peserta didik maupun orang tua yang kaya agar puas terhadap pendidikannya, dari gedung yang besar, sarana prasarana yang mahal yang bagus, sehingga kaum elitis ternina bobokkan dengan keluarnya biaya yang familiar yang tanpa di rasakan secara langsung oleh mereka. Hal ini merupakan kelumrahan bagi kaum elitis membuang banyak hartanya demi saling menjunjung tinggi martabat masing masing tanpa melihat orang yang lebih membutuhkan uluran tangan untuk mengenyam pendidikan. Kedua, pendidikan masyarakat ploretar yaitu pendidikan atau sekolah untuk masyarakat menengah kebawah dengan bangunan yang biasa tidak mewah bahkan bangunan serta sarana prasarana yang rusak tanpa di perbaiki yang seharusnya tidak layak di gunakan namun tetap di gunakan sebab tidak ada pilihan lain, banyak sekali peserta didik yang di rugikan, kurang wawasan, bahkan ketinggalan zaman karena faktor guru yang kurang berkualitas, faktor tempat yang tidak stabil/tidak nyaman dan lainnya.

Melihat sejarah pendidikan tidak jauh beda dengan kondisi pendidikan di brazil yang berangkat dari kekritisannya tokoh yakni paulo freire yang saat itu terjadi kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang tertindas, berangkat dari realitas paolu freire berusaha untuk mengubah kondisi tersebut melalui masuk di tatanan birokrasi pemerintah yang di bantu oleh para ahli fisikiawan, psikologi dan banyak yang lainnya untuk memberikan keadilan bahwa humanis sangatlah urgen.

Penulis mengatakan tidak jauh beda bukan tanpa landasan sebab banyak terbukti dan terjadi hal ini pada pendidikan salah satunya di sulawesi tenggara sudah hampir 20 tahun peserta didik berangkat sekolah menyemberangi sungai tanpa jembatan baik tingkat SD/MI, SMP, dan SMA melalui jalan tersebut sehingga berdampak keterlambatan sekolah, ketakutan, dan minder dengan ejekan karena terkadang kebasahan, 20 puluh tahun tidaklah sebentar bagi masyarakat di bawah, pemerintah yang seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bangsa, memberikan bantuan terhadap pejuang bangsa pemuda pemudi Indonesia ternyata memalingkan wajah berpura pura tidak tau seperti tidak terjadi apa apa. Saat ini juga terjadi sekolah pinggiran yang masih belum terhiraukan oleh pemerintah sedangkan sekolah perkotaan di bangun besar besaran untuk mengundangkan peminat bahkan mengundang kaum kapitalis masuk untuk berinteraksi secara tidak langsung. Oleh karena itu, pendidkan harus di lakukan se-adil adilnya tanpa memandangan bulu ataupun asal sebab seluruh masyarakat Indonesia berhak merasakan dan mengenyam pendidikan minimal dua belas tahun.

Khoirunnas anfauhum linnas

Wallahul Muaffieq ila Aqwamith Tharieq

*M Husain Merupakan Salah satu Kader PMII Rayon Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dari korp 2015 (GELOMBANG)

12 tanggapan untuk “POTRET PENDIDIKAN MASYARAKAT PINGGIRAN

  • Desember 7, 2020 pada 5:19 pm
    Permalink

    I’ve read some excellent sstuff here. Definitely value bookmarking for revisiting.
    I surprise how so much attempt you set to make this kind
    of wonderful informative site.
    web site

  • Desember 7, 2020 pada 5:45 pm
    Permalink

    An outstanding share! I’ve just forwarded this onto
    a coworker who was doing a little research on this.
    And he actually ordered me dinner simply because I stumbled
    upon it for him… lol. So allow me to reword this….
    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending the time to discuss
    this subject here on your web page.

  • Desember 7, 2020 pada 5:55 pm
    Permalink

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was wondering what
    all is needed to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain. Any suggestions
    or advice would be greatly appreciated. Appreciate it

  • Desember 7, 2020 pada 6:21 pm
    Permalink

    Wow! At laet I got a webpage from where I be able to in fact get helpful data
    regarding my study and knowledge.
    webpage

  • Desember 7, 2020 pada 6:24 pm
    Permalink

    It’s really a cool and helpful piece of info. I’m satisfied that you shared this helpful information with us.

    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  • Desember 7, 2020 pada 6:53 pm
    Permalink

    This article gіves clear idea designed fоr thе new visitors of blogging, tһat actually һow to dⲟ running
    a blog.

    Mү blog; roulette

  • Desember 7, 2020 pada 7:24 pm
    Permalink

    I’d like to find out more? I’d like to find out some additional information.

  • Januari 15, 2021 pada 5:49 pm
    Permalink

    excellent web site design, as well as your own printing skills. Keep doing so!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: